Kamis, 21 Agustus 2014

PENGALAMAN PLPG 2014

Adalah kami sangat gembira menerima kabar bahwa di RA kami mendapat undangan untuk mengikuti PLPG.  Tiga nama guru tercantum dalam daftar Peserta PLPG 2014 yang dilaksanakan oleh Rayon PTK UIN Jakarta, Alhamdulillah kami masuk ke dalam tahap 1 pelaksanaan PLPG. Nama tersebut adalah: Bpk. Fahmi, Ibu Rabiatul Adawiyah dan saya sendiri (Andi Alamsyah). Kami bersyukur, setelah sekian lama menunggu-nunggu PLPG ini, yang dua nama (Bpk. Fahmi dan Ibu Rabiatul Adawiyah) mungkin menunggu lama dalam daftar longlist, sementara saya tidak begitu lama menunggu. Dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulanan penginputan data dan pemutakhiran data verval NUPTK, nama saya langsung masuk daftar PLPG 2014 (hebatkan... hehe).  Akhirnya tiba waktu yang dinanti, segera kami mempersiapkan apa yang diperlukan dan dibutuhkan untuk mengikuti PLPG ini.

Pusdiklat Graha Insan Cita Depok.
Jl. Prof. Lafran Pane, No.100, Kelapa Dua,  Depok, 16418.
PLPG dilaksanakan di Pusdiklat Graha Insan Cita Depok selama 9 hari, dimulai pada Selasa 12 Agustus dan berakhir pada Rabu 20 Agustus 2014. Menurut teman-teman yang telah menjalani PLPG, katanya sih, "enak" ... tinggal duduk manis mendengarkan. Dan memang, apa yang kami alami saat PLPG berlangsung "sama persis apa yang mereka katakan", duduk manis dan mendengarkan pada awalnya.... hehe :) . Akan tapi, bukan hal yang seperti itu yang menjadi soal.

Berlanjut pada hari H. Kami tiba di GIC langsung cek in. Wisma kami terpisah, saya dan Bpk. Fahmi satu kamar di Gedung Utama Lt. 3, Kamar 303 dan Ibu Rabiatul Adawiyah di Gedung Cita Lt. 2 Kamar 607). Ternyata, di kamar sudah ada yang cek in duluan. Saya dan Bpk. Fahmi bersama yang lainya di kamar 303 dengan daya tampung 12 orang (bayangkan...) . Pukul 11 semua peserta kumpul di Aula Prof. Lafran Pane untuk mengikuti pembukaan. Kami dikelompokkan menjadi 10 Rombel. Saya dan Ibu Rabiatul Adawiyah masuk dalam satu rombel, Rombel 4. Sementara Bpk. Fahmi masuk pada Rombel 5. Di dalam Rombel 4, saya didaulat menjadi ketua Rombel. Di Rombel 5, Bpk. Fahmi yang menjadi ketua rombelnya.

Singkat cerita, masing-masing ketua rombel telah menerima jadwal kegiatan. Jadwal disusun sebegitu intensifnya dan padat. Hampir dapat dikatakan tidak ada waktu berleha-leha, semua waktu terisi dengan kegiatan seminari dan pendalaman mengenai K13, RPP/RKH dan Peer Teaching. Ada banyak cerita selama kegiatan belangsung, ada banyak peristiwa dalam padatnya jadwal dan intensnya tekanan. Yang membuat kami salut khususnya saya, kami dan mereka saling dukung, kebersamaan tidak ditinggalkan. Kami jadi saling kenal, tambah teman, relasi, banyak pengalaman, banyak belajar dan banyak menghargai waktu. (Inilah intinya...)

Penutupan PLPG Tahap 1 Tahun 2014.

Sembilan hari lamanya kami dikarantina, dengan segala suka duka yang kami alami. Tiba saatnya hari penutupan kegiatan, Rabu 20 Agustus 2014. Diawali dengan Tes Penilaian Sejawat dan Ujian Akhir selama kurang lebih 2 jam. Setelah selesai... PLONG lah pikiran dan perasaan kami dari tekanan-tekanan selama PLPG, yang memang mau-tidak mau harus kita lalui demi menjadi Guru yang Profesional. dan tersertifikasi.

Namun, ada satu pesan Dosen/Tutor kepada kami yang membuat kami tersadar, bahwa ada sertifikasi yang jauh lebih tinggi dari sertifikasi yang mungkin selama ini menjadi tujuan kita mengikuti PLPG ini, yaitu:
"Sertifikasi sesungguhnya adalah ketika siswa mengingat kita sepanjang hidupnya sebagai seorang Guru yang inspirasional"
Penutupan berlangsung semangat, dengan diawali yel-yel dari masing-masing Rombel. Dilanjutkan dengan pidato penutupan dari panitia pelaksana. Alhamdulillah, selesai penutupan PLPG, kami keluar dari Aula disambut azan zuhur. Maka, bertambah tenanglah hati dan perasaan kami. Moga menjadi pertanda kemenangan bagi kami semua...:'( AAMIIN...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar